19
Mar
10

Foreword Proceedings Javan tiger Seminar


Kata Pengantar Prosiding Seminar Harimau Jawa

Data. Itulah inti dari suatu ke-ilmiahan. Data dapat memiliki tingkat akurasi  tinggi atau rendah bergantung pada pilihan metode riset yang dijadikan pendekatan terhadap spesies target, obyektifitas si peneliti, kecerdasan ‘membaca’ temuan dan ketelitian dalam pengamatan. Dekianlah yang dapat saya katakan pada buku Prosiding Seminar Nasional Harimau Jawa ini.

Gerombolan Pecinta Alam Jawa

Pergumulan kepahlawanan Pecinta Alam Jawa dalam usaha pembuktian ‘eksistensi diri’ di kancah konservasi hidupan liar dan petualangan pribadinya patut kita hargai setinggi-tingginya. Betapa tidak. Demi perlindungan suatu kawasan dan kelestarian satwa langka negeri ini, mereka rela meninggalkan hidup ‘lumrah’. Lalu menceburkan diri dikedalaman hutan selama hampir 20 hari. Hanya untuk mengais ‘kotoran’, mengukur cakaran, memungut rontokan rambut, sembari bersusah payah menggendong bekal untuk 3 minggu dan ‘ubarampe’ risetnya.

Bukan hanya selama di hutan, bahkan setelah keluar hutanpun mereka masih rela berhari-hari melakukan kompilasi data hingga tersusunnya sebuah laporan. Jangan Anda kira mereka digaji, justru untuk ekspedisi tersebut mereka merogoh kocek pribadinya. Kumpulan data itu diserringkan dari antar kelompok, lalu meluas ke tingkat regional, dan beranjak ke pemikiran konsep diseminasi nasional, agar jerih payah olah data itu dapat dikritisi secara jeli oleh masyarakat ilmiah. Pikiran, waktu, tenaga dan biaya seolah diperas tuntas dengan rasa heroik percaya diri.

Dihadapan ilmuwan dan praktisi hidupan liar yang ahli dibidang harimau dan ekologi, para Pecinta Alam Jawa itu dengan lantang meneriakkan temuan-temuan mereka dengan pendekatan metode riset yang digunakannya dihadapan perhelatan akbar SEMINAR NASIONAL HARIMAU JAWA 1998. Tak ketinggalan foto-foto bukti itupun ditampilkan.

Semoga menjadi guratan sejarah konservasi harimau jawa (Panthera tigris sondaica) yang terpahatkan di kerasnya lintasan sangkala.

Editor

Didik Raharyono, S.Si.


0 Responses to “Foreword Proceedings Javan tiger Seminar”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Risearcher

Kliping

Maret 2010
S S R K J S M
    Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Bacaan


%d blogger menyukai ini: